Pertanyakan KMHDI ?




Om Swastiastu,
Salam sejahtera untuk kita semua semoga selalu dalam tuntunan dan lindungan dari Ida Shang Hyang Widhi Wasa. Tidak terasa ternyata organisasi yang telah mewadahi dan mempertemukan kita satu sama lain ini KMHDI telah berumur 19 tahun, tentu bukan waktu yang sebentar untuk sebuah organisasi nasional berdiri dan berkembang. Kini di umurnya yang telah melewati 19 tahun sebagai wujud cinta kita terhadap organisasi ini mari kita berkarya, mari kita bergerak, dan mari kita berkembang menjadi pribadi yang lebih baik ataupun berkembang menjadi suatu kesatuan yang lebih baik.
“Pertanyakan KMHDI?” Kenapa ini menjadi judul untuk wacana peringatan ulang tahun ke-19 KMHDI ini? Sampai saat ini saya selalu yakin bahwa suatu kepedulian, suatu perubahan dan suatu perkembangan jati diri itu dimulai dari proses bertanya. Kita bertanya karena ada dorongan dari dalam diri secara individu untuk berkembang lebih baik, kita bertanya karena kita menyadari bahwa betapa banyaknya hal yang tidak kita ketahui, kita bertanya bukan untuk merendahkan diri, tetapi kita bertanya untuk mencapai.
Izinkan saya memulai suatu pertanyaan yang dipertanyakan untuk kita semua termasuk saya, “Sejauh mana kita mengetahui dan mengenal organisasi KMHDI?”, siapapun anda tentu bukan waktu yang sebentar anda diwadahi oleh KMHDI dan berdiri di KMHDI ini, tetapi sejauh manakah kita telah mengenal organisasi yang kita berdiri di atasnya ini. Saya rasa ini pertanyaan penting yang harus kita pertanyakan selalu dan kita cari juga jawabannya.
Baik coba kita mengenali KMHDi secara fundamentalnya yaitu Tujuan KMHDI itu sendiri serta Visi Misi KMHDI. Ini menjadi penting karena saat anda percaya untuk mengikuti organisasi, apapun organisasi itu tentu organisasi tersebut memiliki arah dan tujuan. Sehingga saya meyakini bahwa anda mengikuti suatu organisasi karena organisasi tersebut memiliki arah dan tujuan yang sesuai dengan prinsip dan tujuan hidup yang ingin anda capai, dan organisasi bisa mewadahi anda untuk mencapai hal tersebut.
Tujuan KMHDI, secara malu saya akui bahwa setelah saya menjabat sebagai ketua PD selama hampir dua tahun saya baru mengetahui tujuan KMHDI beberapa minggu yang lalu, tujuan KMHDI adalah “Memberi dasar bagi masa depan umat hindu yang lebih baik”. Saya baca berulang-ulang saya maknai berulang-ulang, dan saya pertanyakan berulang-ulang. Setelah itu entah sejak kapan tujuan ini menjadi sebuah mimpi indah andaikata terwujud dan betapa menyenangkannya bisa menjadi bagian dalam mewujudkan mimpi tersebut. Secara sederhana seperti ini, semua yang kita lakukan sekarang di dalam KMHDI ternyata kita lakukan untuk masa depan umat hindu yang lebih baik itu sendiri, untuk adik-adik kita, untuk saudara kita, dan untuk anak cucu kita nanti.
Tetapi muncul kembali pertanyaan, Seperti apa masa depan umat hindu yang lebih baik itu?, apakah infrastruktur yang telah dibuat menjadi acuan, mungkin itu bisa menjadi salah satunya, tetapi kalau dipikir dan dirasakan menjadi percuma suatu infrastruktur itu dibangun sebagus mungkin apabila unsur manusianya sendiri yang mempergunakan infrastruktur tersebut tidak memiliki sebuah cara dan pandangan hidup yang lebih baik.
Izinkan saya mengutip sebuah kutipan dari Garrison Keilor “Anyone who thinks sitting in church can make you a Christian must also think that sitting in a garage can make you a car.”  Mohon maaf bila saya membawa suatu kutipan dari umat kristiani, tetapi ini perumpamaan yang cukup baik, sama seperti saat kita sebagai seorang Hindu, apakah dengan hanya datang ke Pura dan mengikuti berbagai prosesi telah menjadikan diri kita sebagai Hindu, tentu kita disebut Hindu jika kita hidup dan berpikir dengan cara Hindu sebagai jalan yang kita pilih. sehingga kita disebut hindu setelah kita memiliki jati diri Hindu, Sama seperti halnya dengan KMHDI, cara hidup dan berpikir seperti apa yang coba dibentuk KMHDI sebagai organisasi pembentuk kader, apakah organisasi telah membentuk kader sesuai dengan jati diri KMHDI.
Mari kita lanjutkan kedalam Visi dan Misi KMHDI, disini saya tidak akan membahas secara panjang dan lebar tetapi hanya mengingatkan saja bahwa inilah yang menyatukan kita, kita menjadi suatu kesatuan bukan karena kita memiliki musuh yang sama tetapi kita menjadi Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia karena kita memiliki tujuan yang sama. Tujuan untuk menjadikan organisasi ini sebagai Wadah Pemersatu dan sebagai Alat Pendidikan Kader Mahasiswa Hindu di Indonesia. Inilah yang menyatukan kita sebagai suatu kesatuan, karena adanya tujuan yang sama dalam membangun organisasi ini, Sudahkan kita menjadi wadah pemersatu? dan Sudahkan kita mendidik kader yang berkualitas? Mungkin itu pertanyaan lain yang muncul dalam proses itu sendiri. Bagaimana caranya untuk mencapai hal tersebut kuncinya sederhana dan sudah terjawab dengan jelas dalam misi KMHDI yaitu “Memperbesar jumlah kader mahasiswa Hindu yang berkualitas”.
Akhir kata munculkanlah terus pertanyaan? Tetapi jangan sampai berhenti dalam proses bertanya itu sendiri, carilah jawaban dari semua pertanyaan yang terkemuka, organisasi membutuhkan proses berpikir (Jnana), merasa (Bhakti) dan bekarya (Karma), semoga semua yang kita lakukan selama di KMHDI merupakan suatu persembahan suci kepada Ida Shang Hyang Widhi sebagai bagian dari catur yoga.
19 tahun bukan waktu yang sebentar, banyak yang sudah dicapai, banyak yang sudah dilalui, terimakasih kepada pendiri, pendahulu, ataupun senior di KMHDI. Sekarang tongkat estafet di kami, semoga mimpi indah dari tujuan KMHDI itu bisa kita wujudkan. Saya tutup dengan sebuah pertanyaan “Apa yang telah kita berikan dan lakukan selama di KMHDI?”. Mohon maaf jika ada salah kata ataupun kekurangan dalam penulisan, semoga yang terbaik untuk kita semua.
Satyam Eva Jayate
Om Shanti Shanti Shanti OM


 Oleh


Arie Suyasha

Ketua KMHDI Periode 2010-2012

Copyright © 2013 PD KMHDI Jawa Barat and Blogger Templates - Anime OST.
Selamat Datang di Blog Resmi Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Jawa Barat