Selamat Datang Anggota Baru !!!

Selamat Datang !!!

Selamat Datang Anggota Baru !!! - Sekali lagi saya ingin mengucapkan selamat datang kepada para anggota baru KMHDI PD Jabar. Setelah melewati MPAB pada hari minggu tanggal 6 Oktober 2013 dan malam inagurasi pada tanggal 12 dan 13 Oktober kemarin, kalian telah resmi menjadi anggota PD KMHDI Jabar, selain karna udah selesai mengikuti rangkaian acara yang udah dibuat kalian juga udah ada SK yang meresmikan kalian sebagai anggota baru KMHDI PD Jabar *yeaaaaa*


Kali ini saya bukan ingin mengucapkan selamat (bosen nyelametin terus),tapi lebih untuk ngebahas apa aja yang kita udah lakuin di tanggal 6,12, dan 13 Oktober kemaren. Selain buat review sekalian juga pengen bikin yang gak ikut acara ini nyesel. Acara dimulai pada Minggu 6 oktober 2013. Seluruh panitia diwajibkan datang pada pukul 09.00 pagi,dan sebagai panitia yang baik saya datang jam 09.30 pagi *tolong jangan ditiru yaa*. Seluruh panitia yang sudah datang langsung saling bantu untuk menyiapkan acara yang dimulai pada pukul 10.00 pagi.

Jam sudah menunjukan pukul 10.00 pagi,yang artinya acara sudah seharusnya dimulai. Acara pertama adala registrasi peserta. Registrasi peserta tujuan nya agar dapat mendata berapa peserta yang ikut acara MPAB tersebut. Setelah ditotal peserta yang mengikuti acara MPAB hari pertama itu sejumlah 39 (tiga puluh sembilan) orang *yeaaaa*. Setelah registrasi, para peserta MPAB di arahkan menuju pura untuk sembahyang bersama. Acara sembahyang ini bertujuan untuk.....yaaa sudah tau lah ya untuk apa jadi gak perlu di jabarin lagi tujuan dari sembahyang itu apa. Setelah mereka selesai sembahyang mereka diarahkan keruang kelas untuk mengadakan gladi upacara dan diteruskanr dengan upacara pembukaan. Suasana upacara pembukaan dapat dikatakan hikmat dengan suara” orang yang sedang arisan di sebelah ruang kelas yang kita gunakan untuk upacara.

Setelah upacara pembukaan selesai acara dilanjutkan dengan perkenalan pemateri. Pemateri yang ada di acara MPAB hari pertama ini adalah Ary Pradyana, Wayan Fery Sanjaya, Pradnya W, dan Ary chit. Materi yang mereka sampaikan ??? nanti saya beritahu. Melihat wajah peserta yang sedang menahan lapar dan mencoba menahan amarah dari cacing” yang ada di dalam perutnya,maka acara berikut nya dilanjutkan dengan makaaaan siaaaaanggg. Begitu peserta mendengar bahwa acara selanjutnya adalah acara makan siang,wajah mereka berubah ceria seketika. Melihat para peserta yang sedang menyantap makan siang yang kita berikan para panitia juga tidak mau kalah,maka para pantia duduk bersama peserta untuk bersama – sama menyantap makan siang, yaaa bisa dibilang pendekatan secara personal.

Perut sudah kenyang,sekarang waktunya tidur siang...,eh salah maksut nya waktu untuk materi. Materi yang pertama adalah tentang Organisasi yang dibawakan oleh Ary Pradnyana,ary membawakan materi nya dengan cukup baik sehingga para peserta tidak mengalami kengantukan setelah makan siang. Setelah materi organisasi,materi selanjutnya adalah materi tentang jati diri KMHDI yang pertama yaitu religius. Sesuai materinya sosok yang cocok untuk membawakan materi ini adalah tidak lain tidak bukan bapak Wayan Fery Sanjaya. Saya mengakuin bapak Fery membawakan materi nya dengan sangat bagus sehingga para peserta sangat antusias mendengarkan materi yang diberikan. Materi ketiga yaitu masih dari materi jati diri KMHDI yaitu nasionalis yang dibawakan oleh Pradnya.

Setelah pikiran dituntut untuk fokus merhatiin materi yang diberikan oleh para pemateri saat nya untuk....jeng jeng... ice breaking. Game ice breaking nya lumayan untuk menghancurkan kepenatan selesai merhatiin materi yang diberikan. Ice breaking jangan kelamaan nanti peserta nya ketagihan jadi diputusin buat lanjut materi berikutnya yang disampaikan oleh Ary Chit. Ary nerangin tentang materi Jati diri KMHDI yang terakhir yaitu Humanis dan Progresif. Karena sudah mulai materi maka para peserta kembali menyimak materi dengan seksama. Selesai materi untuk mencairkan suasana lagi diadakannya game keakraban yang di pimpin oleh nicky. Game nya seru,tapi teralu panjang kalo diceritain disini bisa – bisa kriting ini tangan ngetik nya.

Selesai main game,waktu sudah menjelang malam hari. Ini ditunjukan dengan langit yang sudah mulai gelap. Sore menjelang malam itu enaknya dengerin motivasi yang diberikan oleh senior kita yaitu bli Gung Dalem sama Bli Arie Suyasha. Motivasi yang diberikan kepada para peserta sangat bagus sampai” para peserta menyimak dengan seksama. Selesai motivasi sore yang diberikan oleh kedua senior hebat tersebut acara dilanjutkan dengan penutupan,isi dari acara penutupan berupa info bahwa acara MPAB belum selesai sampai disini,melainkan akan dilanjutkan pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2013 alias minggu depannya. Sebagai penutup acara malam itu akan diadakan sembahyang bersama.


SEMINGGU KEMUDIAN

Sabtu 12 Oktober 2013 ditemani rintik” hujan yang gak lucu,para panitia sudah siap di pura Pura Wira Satya Dharma Ujung Berung untuk melangsungkan malam inagurasi kelanjutan dari acara MPAB 2013. Awal nya acara mulai pada pukul 17.00 tetapi karna peserta yang datang baru sedikit jadi terpaksa acara mundur dan baru dimulai pukul 18.00. Acara pertama pada malam inagurasi adalah registrasi awal,registrasi ini bertujuan untuk mendata kemabali berapa peserta yang hadir pada hari kedua ini,dan berapa peserta yang baru hadir pada hari kedua ini.
Acara kedua setelah para peserta hadir adalah makan malam lalu dilanjutkan sembahyang bersama. Selama sembahyang bersama panitia masih menunggu beberapa peserta yang menyusuk atau telat karena hujan.


Cieee yang lagi sembahyang

Setelah para peserta selesai sembahyang ditambah ada peserta yang baru datang acara dilanjutkan makan malam. Dengan sangat hikmat para peserta bersama panitia menyantap makan malam bersama. Setelah perut terisi penuh saat nya acara inti dimulai. Acara inti yang pertama adalah pembagian tugas yang diberikan oleh Bli Gung Dalem kemudian dilanjutkan dengan materi penjabaran tugas pengurus. Penjabaran tugas pengurus dimulai dari pengurus inti yang diisi oleh bli Fery dengan kak Sandra.
Penjabaran tugas pengurus inti yang kedua adalah bagian Biro Organisasi yang diisi oleh Pradnya. Peserta sejauh ini masih menyimak materi yang diberikan oleh para pemateri. Pemateri disini diisi langsung oleh para ketua biro dari setiap masing – masing biro. Setelah biro organisasi,bagian biro selanjutnya adalah biro litbang yang diisi oleh Ary Pradnyana. Setelah beberapa biro telah menjelakan tentang anggota dan apa tugas dari tiap biro waktu nya untuk cemil – cemil lucu alias Cofee Break. Layaknya orang yang kelaparan di malam hari cemilan yang diberikan langsung diserbu oleh para peserta. Selesai sedikit mengisi perut acara dilanjutkan kembali ke materi penjabaran tugas biro kaderisasi dan biro humas. Pada biro kaderisasi diisi oleh Bli Gung Dalem sedangkan untuk Biro Humas diisi oleh Gede Teguh.

Selesai semua biro menyampaikan tugas dan para anggota nya acara dilanjutkan ke motivasi pada malam hari. Umumnya malam – malam mendengarkan motivasi pikirian sudah tidak fokus,tetapi peserta malam inagurasi tahun ini sebaliknya,mereka tetap fokus dan cenderung antusias mendengarkan motivator yang memberikan motivasi pada malam itu. Motivator pada malam itu adalah tamu dari jakarta yaitu Bli Arsane, yang sengaja diundang dari jakarta (tamu import).



Selesai mendengarkan motivasi tidur ??? jangan harap,acara masih panjang dan pastinya makin seru. Selesai mendengarkan motivasi,para peserta disuruh menutup mata dan berjalan keluar menuju sebuah kejutan yang luar biasa yaitu apiiiii unggunnnn. Konsep api unggun kali ini berbeda dari api unggun biasanya,api unggun yang ini dikelilingi oleh lilin – lilin kecil jadi so sweet gitu *loh.
Semua perserta mengelilingi api unggun didampingi oleh panitia dan mendengarkan motivasi yang diberikan oleh Bli Gung Dalem dan Bli Arsane dengan hikmat lalu ditutup dengan menyanyikan lagu mars KMHDI bersama – sama. Selesai acara api unggun seluruh peserta dan panitia pergi ke alam mimpi alias tidur untuk mengistirahatkan badan dan pikirannya.


Awas bli apinya panas.....

Pagi harinya sekitar pukul 05.30 peserta dibangunkan untuk melanjutkan acara dihari terakhir. Acara dimulai dengan senam pagi yang dipimpin oleh Ary Pradnyana,dan dapat dikatakan senam pagi tersebut cukup membuat perut sakit dengan gerakan – gerakan yang teralu energik,tapi gapapa itu seru. Setelah senam acara dilanjutkan dengan game yang cukup membuat keringat dipagi hari. Setelah berkeringat ria waktunya untuk sarapan.sarapan sudah sekarangf para peserta dan panitia diijinkan untuk membersihkan diri (tapi pasti yang mandi dikit). Badan sudah bersih (dikit),sudah wangi (pake parfum) kurang lengkap kalo belum sembahyang,maka para peserta langsung menuju pura untuk sembahyang bersama.
Selesai sembahyang akhirnya sampai diacara yang ditunggu – tunggu yaitu upacara penutupan sekaligus upacara pelantikan para angggota baru. Satu persatu nama peserta dipanggil untuk melakukan ritual sakral pelantikan yaitu mencium bendera merah putih dan diikuti dengan mencium bendera KMHDI lalu mendatangin SK yang telah disiapkan. Ada yang berbeda pada upacara kali ini yaitu para peserta setelah menandatangin SK mereka foto untuk kartu anggota. Selesai upacara kurang lengkap kalo belum ada foto bersama panitia dan akhir nya acara ditutup dengan berfoto bersama didepan pura Wira Satya Dharma Ujung Berung

  Ahirnya selesai sudah rangkaian acara MPAB tahun 2013. Semua rasa  lelah,letih,senang,terharu campur aduk menjadi satu di hari terakhir MPAB 2013 tersebut. Semoga dengan bergabungnya anggota baru KMHDI PD Jabar,akan menjadikan PD Jabar semakin baik lagi. Sekali lagi selamat datang para anggota baru KMHDI PD Jabar.

Oleh : Dennis Mahayana

0 komentar:

Copyright © 2013 PD KMHDI Jawa Barat and Blogger Templates - Anime OST.
Selamat Datang di Blog Resmi Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Jawa Barat