Bhagavad Gita

Bhagavad Gita - Mayoritas orang Hindu menganggap Bhavagad Gita adalah kitab suci Hindu. Konon dikatakan dalam salah satu kitab suci bahwa bila Upanishad-Upanishad adalah lembu, Bhagavad Gita dianggap sebagai susu. Sesungguhnya, Bhagawad Gita adalah saripati dari Weda-Weda. Ia memang adalah penyajian terakhir dari Upanishad-Upanishad. Bhagawad Gita disajikan dalam bentuk percakapan antara Arjuna dan kusirnya sekaligus sahabatnya Krishna pada awal dari Perang Mahabharata. Sesaat sebelum pertempuran dimulai, Arjuna menolak berperang ketika dia melihat bahwa dia harus membunuh bangsanya sendiri. Krishna menasehatinya secara rinci atas berbagai subyek. Pada akhirnya, Arjuna menerima nasehat Shri Krishna dan bertempur dalam perang dahsyat itu.


Bhagavad Gita terdiri dari delapan belas bab dan kurang lebih tujuh ratus sloka. Ia membahas secara mendalam semua yoga atau jalan untuk mencapai Tuhan. Ada berbagai versi dari Bhagavad Gita yang tersedia di ruang publik. Terjemahan dalam bahasa Inggris yang pertama dilakukan oleh Charles Wilkins pada tahun 1785, dengan kata pengantar oleh Warren Hasting, Gubernur Jenderal Inggris pertama di India. Tapi yang paling populer adalah terjemahan bahasa Inggris yang dikerjakan oleh Sir Edwin Arnold, dengan judul " The Song Celestial " (Nyanyian Abadi).


Bhagavad Gita memiliki jawaban untuk setiap masalah yang mungkin dihadapi oleh manusia dalam hidupnya. Bhagavad Gita tidak pernah memerintahkan seseorang mengenai apa yang harus dilakukan. Sebaliknya, ia memberikan plus dan minus dari setiap masalah dan keputusan terakhir diserahkan kepada orang yang bersangkutan. Dalam seluruh Bhagavad Gita kamu tidak akan menemukan satu barispun yang mulai dengan ” Engkau tidak akan” (Thou shalt not).

Berikut Pustaka Suci ini kami dapatkan dari sumber terpercaya. Untuk lebih jelasnya, mari kita baca bersama-sama (Silakan dibuka link nya yah) :

Bhagavad Gita







Bab 1: Meninjau Tentara-tentara di Medan Perang Kuruksetra

Bab 2 : Ringkasan Isi Bhagavad-gita

Bab 3: Karma-yoga

Bab 4 : Pengetahuan Rohani

Bab 5: Karma-yoga—Perbuatan dalam Kesadaran Krishna

Bab 6: Dhyana-yoga

Bab 7: Pengetahuan Tentang Yang Mutlak

Bab 8: Cara Mencapai Kepada Yang Mahakuasa

Bab 9: Pengetahuan Yang Paling Rahasia

Bab 10: Kehebatan Tuhan Yang Mutlak

Bab 11: Bentuk Semesta

Bab 12: Pengabdian Suci Bhakti

Bab 13: Alam, Kepribadian Yang Menikmati dan Kesadaran

Bab 14: Tiga Sifat Alam Material

Bab 15: Yoga Berhubungan dengan Kepribadian Yang Paling Utama

Bab 16: Sifat Rohani dan Sifat Jahat

Bab 17: Golongan-golongan Keyakinan

Bab 18: Kesimpulan—Kesempurnaan Pelepasan Ikatan

Demikianlah, semoga bisa membantu bagi yang ingin membaca Bhagavad Gita secara Online .


#Satyam Eva Jayate

Referensi :
http://singaraja.wordpress.com/2008/11/08/am-i-a-hindu-bhagavad-gita/
http://hendragurukimia.wordpress.com/2014/01/22/pustaka-suci/

0 komentar:

Copyright © 2013 PD KMHDI Jawa Barat and Blogger Templates - Anime OST.
Selamat Datang di Blog Resmi Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Jawa Barat