Diskusi Tentang Hindu di Katekisasi GKI Kebon Jati

Tanggal 24 Januari 2016 lalu, minggu malam , Odot (Gede Teguh) mendapatkan sebuah permohonan dari Jakatarub (Jaringan Kerja Antar Umat Beragama). Permohonan tersebut disampaikan secara personal oleh Bang Risdo, sekretaris Jakatarub. Isi permohonan tersebut adalah untuk meminta kesediaan mahasiswa Hindu mengisi materi diskusi tentang Hindu kepada calon jemaat di GKI Kebon Jati (GKI-KJ) untuk hari Jumat tanggal 5 Februari 2016. Ceritanya sejak tahun lalu GKI-KJ sudah memasukkan isu tentang toleransi dan keberagaman untuk pembinaan jemaat (istilahnya 'katekisasi'). Tahun lalu buat jemaat dewasa sudah, tahun ini buat jemaat mudanya. Kesempatan yang baik bagi kita untuk mencoba mengaplikasikan salah satu jati diri KMHDI (religius) dan berupaya membangkitkan semangat toleransi antar umat beragama.

Singkat cerita terdapat 5 (lima) orang yang bersedia, antara lain Odot, Bli Giri, Bli Gung Dalem, Bli Gusti, dan saya. Persiapan materi pun kami siapkan. Hari kamis, tepatnya di kosan Bli Gusti, kami gunakan untuk menerka-nerka pertanyaan apa yang akan pemuda non-Hindu tanyakan terkait Hindu. Jumat siangnya kami susun semua materi mulai dari sejarah, tujuan, jalan hidup, hingga rumor-rumor yang berkembang terkait Hindu.






Tepat pukul 18.40 WIB kami memulai pematerian. Peserta yang ikut katekisasi saat itu berjumlah 8 orang. Didampingi oleh Bang Risdo dan Pendeta dari GKI-KJ, kami awali kegiatan tersebut dengan sedikit canggung. Namun tidak berapa lama kami bisa mengendalikan suasana dengan baik dan berdiskusi hingga akhir kegiatan. Kami bersyukur bahwa kegiatan ini bisa memberikan pengalaman baru tentang Hindu bagi umat beragama lain khususnya jemaat GKI-KJ. Hari tersebut kami akhiri dengan mengevaluasi kegiatan di Cafe Madtari dekat Taman Flexi. Dengan menyantap bakso dan pisang dengan keju segunung kami mulai evaluasi hingga dialog-dialog imajiner nan progresif hingga larut malam.

Satyam Eva Jayate!

Chit Jna' Amary K.

0 komentar:

Copyright © 2013 PD KMHDI Jawa Barat and Blogger Templates - Anime OST.
Selamat Datang di Blog Resmi Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Jawa Barat